OR [rank_math_breadcrumb]

Warga Disarankan Mudik mulai 22 April 2022 supaya Turunkan Kekuatan Kemacetan

  • 1 min read
  • Apr 21, 2022

Korps Lalu Lintasi (Korlantas) Polri menghimbau warga untuk manfaatkan momen mudik lebih cepat mulai esok, Jumat (22/4/2022). Ini buat kurangi kekuatan kemacetan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kami usulkan tanggal 22 April mulai pergi, karena untuk penebaran pergi warga pada beberapa hari sampai mendekati Idul Fitri . Maka dengan membagikan makin bertambah waktu pergi, makin berkurang beban yang berada di jalan,” tutur Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dalam pertemuan jurnalis, Kamis (21/4/2022).

Dia mengutarakan, Polri sudah meramalkan sekitar 85,lima juta warga akan pulang ke daerah halamannya. Sekitar 47 % pemudik akan mudik lewat lajur darat.

Jumlah kendaraan yang lewat lajur darat diprediksi capai 17 juta beroda 2, sementara untuk beroda 4 ke atas diprediksi capai 23 juta kendaraan.

Polri memprediksi tidak seluruhnya kendaraan beroda 4 itu dapat dimuat di jalan tol saat mudik. Maka dari itu, Polri mempersiapkan beberapa eksperimen jalan raya, seperti ganjil genap (gage), one way, contra flow, dan limitasi waktu operasi kendaraan berat.

“Perlu kami berikan supaya warga dapat memahami, sebagai dasar pemikiran kami mengaplikasikan peraturan ini untuk menambahkan kemampuan jalan atau kurangi jumlah volume kendaraan yang berada di jalan. Maksudnya ialah kelancaran lalu lintas (jalan raya) tersebut,” terang Firman.

Awalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) warga untuk pulang ke desa halaman dengan menghidari pucuk arus mudik yang hendak terjadi pada 28, 29, dan 30 April 2022. Ini untuk kurangi kepadatan di sehari tertentu.

“Saya ajak warga untuk mudik lebih cepat, sudah pasti sesuaikan dengan agenda liburan dari tempat bekerja. Janganlah lupa masih tetap patuhi prosedur kesehatan, intinya menggunakan masker, bersihkan tangan dan jaga jarak,” kata Jokowi dalam info video pada YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).