OR [rank_math_breadcrumb]

Tulis, Ini Perkiraan Pucuk Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2022

  • 2 min read
  • Apr 09, 2022

Pemerintahan sudah membolehkan warga Indonesia untuk lakukan mudik pada liburan Lebaran 2022.

Selama ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus lakukan koordinir intens dengan penopang kebutuhan berkaitan supaya penyelenggaraan mudik Lebaran 2022 jalan secara lancar.

Adapun beberapa hal yang diperhitungkan, yaitu kenaikan pemudik, pemantauan prosedur kesehatan, dan kelayakan angkutan.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perhubungan Budi Kreasi Sumadi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI mengulas “Persiapan Infrastruktur dan Transportasi Mudik Lebaran Tahun 2022″, di Ruangan Nusantara DPR RI, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Lalu, kapan perkiraan pucuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2022?

Pucuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2022

Berdasar hasil survey mengenai kekuatan pemudik pada mudik Lebaran 2022 yang sudah dilakukan oleh Tubuh Litbang Perhubungan (Balitbanghub) diketemukan jika pemakai kendaraan individu, baik mobil atau motor akan memimpin gerakan mudik.

Terdaftar, sekitar 40 juta orang pilih memakai kendaraan individu, dari keseluruhan 79,empat juta orang yang diprediksikan akan lakukan mudik.

Budi menerangkan, opsi model transportasi paling banyak ke-2 sesudah kendaraan individu, yakni:

– Angkutan jalan (bis dan penyeberangan) sekitar 26,tujuh juta orang
– Pesawat 8,sembilan juta orang
– Kereta api 8,dua juta orang
– Kapal, 1,empat juta
– Angkutan yang lain 0,1 juta orang.

“Dari 79,empat juta orang yang diprediksikan mudik, sekitar 13 juta orang datang dari Jabodetabek,” terang Budi, diambil dari situs dephub.go.id, Rabu (6/4/2022).

Sementara itu, berdasar gagasan operasi dan perkiraan hasil survey, pucuk arus mudik diprediksikan terjadi pada 29-30 April 2022 dan arus balik diprediksi terjadi pada 8 Mei 2022.

Propinsi arah pemudik

Tangkap monitor Youtube Komisi V DPR RI Perluasan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menjelang Mudik Lebaran 2022

Adapun untuk propinsi arah yang paling menguasai akan dituju beberapa pemudik, yaitu:

– Jawa tengah sekitar 23,lima juta
– Jawa Timur sekitar 16,delapan juta
Jawa Barat sekitar 14,tujuh juta.

Selanjutnya, untuk lajur perjalanan yang paling diputuskan ialah lewat jalan tol Trans Jawa, lajur lintasi Jawa tengah, Tol Cipularang, lajur Pantura, jalan Trans Sumatera, dan beberapa batas jalan yang lain.

Budi menjelaskan, faksinya sudah mempersiapkan beberapa cara untuk memperhitungkan naiknya pemudik pada 2022.

Salah usaha yang sudah dilakukan, yaitu dengan mengeluarkan empat Surat Selebaran (SE) Panduan Penerapan Perjalanan Dalam Negeri mengarah pada terbitnya SE Satuan tugas Pengatasan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022.

Ke-4 SE itu diantaranya, SE Nomor 36 (transportasi udara), SE Nomor 37 (transportasi laut), SE Nomor 38 (transportasi darat), dan SE Nomor 39 (transportasi perkeretaapian).

Mempersiapkan fasilitas dan prasarana transportasi

Seterusnya, Kemenhub bersama operator transportasi sudah mempersiapkan fasilitas dan prasarana transportasi, untuk penuhi keperluan mobilisasi pemudik.

Diantaranya, yaitu sekitar 57.693 unit bis pada 48 terminal, 215 unit kapal pada 8 lintasi sungai, danau, dan penyeberangan.

Selanjutnya 38 movable bridge, 2 ponton, dan 11 plengsengan pada pelabuhan penyeberangan, 327 pesawat untuk layani 378 jalur pada 123 kota, dan 123 kapal pada 117 rute pelopor.

Disamping itu, 76 kapal kenavigasian untuk responsif genting pada 51 dermaga lokal dan 4 dermaga internasional, 399 fasilitas perkeretaapian antara kota pada 138 stasiun dan 1053 perjalanan KRL setiap hari pada 15 stasiun khusus dan 85 stasiun kecil.

Usaha lain yang sudah dilakukan, adalah memastikan kelayakan fasilitas angkutan di semua model transportasi dengan lakukan ramp cek, terhitung pengecekan kesehatan SDM dan pemantauan biaya angkutannya (harga ticket).

Seterusnya, untuk tingkatkan faktor keselamatan dan kurangi jumlah pemudik yang hendak memakai kendaraan individu (sepeda motor), Kemenhub akan memberikan fasilitas Program Mudik Gratis.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.