OR [rank_math_breadcrumb]

Tinggal 4 Hari Kembali, Ini Cara Melapor SPT Tahunan 2022

  • 2 min read
  • Mar 29, 2022

Untuk semua pihak yang mempunyai Nomor Dasar Harus Pajak (NPWP) atau yang dengan status Harus Pajak diwajibkan memberikan laporan SPT Tahunan ke kantor pajak.

Adapun laporan dapat dilaksanakan lewat cara online atau off-line.

Berdasar Undang-Undang Perpajakan, batasan laporan SPT ialah tanggal 31 Maret untuk Harus Pajak Orang Individu, dan 30 April untuk Harus Pajak Tubuh.

Ingat batasan laporan SPT tinggal sekian hari kembali, seharusnya warga selekasnya memberikan laporan SPT-nya.

Berikut cara untuk memberikan laporan SPT Tahunan 2022.

Cara melapor SPT Tahunan 2022

Memberikan laporan SPT tahunan lewat cara online dapat dilaksanakan dengan masuk e-filling lewat web DJP Online yaitu lewat https://djponline.pajak.go.id

Untuk dapat memberikan laporan SPT tahunan lewat e-filling, karena itu Harus Pajak harus mempunyai EFIN (Elektronik Filling Identification Number).

EFIN dapat didapat dengan mengurusi penerbitan EFIN ke Kantor Servis Pajak (KPPP) atau Kantor Servis Penerangan dan Diskusi Perpajakan (KP2KP).

Untuk pembayar pajak orang individu, permintaan pengaktifan EFIN harus dilaksanakan sendiri oleh yang berkaitan dan tidak dibolehkan untuk dikuasakan pada pihak lain.

Dan untuk pembayar pajak tubuh, permintaan pengaktifan EFIN dilaksanakan oleh pengurus yang dipilih untuk sebagai wakil tubuh dalam rencana melakukan hak dan kewajiban perpajakannya.

Seterusnya bila EFIN telah didapat karena itu cara untuk memberikan laporan SPT Tahunan lewat e-filling seperti diambil dari situs Kemenkeu yaitu seperti berikut:

– Daftarkan diri dan buat account pada service pajak online di situs DJP Online.
– Masukan NPWP dan code EFIN, selanjutnya tuliskan code keamanan yang tercantum di situs itu.
– Paling akhir, click “Klarifikasi”. Mekanisme akan secara automatis mengirim identitas pemakai yakni NPWP, sandi, dan link pengaktifan lewat e-mail yang sudah didaftarkan.
– Click link pengaktifan itu. Sesudah account diaktifkan, login kembali lagi ke situs DJP Online dengan NPWP dan sandi yang telah diberi.
– Tentukan “Buat SPT”. Isi SPT dengan ikuti tutorial yang diberi oleh mekanisme.
– Jika SPT telah dibikin, mekanisme akan tampilkan rangkuman SPT Anda.
– Saat sebelum Anda dapat mengirimi SPT itu, check code klarifikasi yang dikirim ke alamat e-mail Anda.
– Masukan code klarifikasi itu, lalu click “kirim SPT”.
– Proses melapor SPT Tahunan lewat e-filing telah usai.
Sebagai info, service pajak online bisa dijangkau dimana dan kapan juga, hingga pengutaraan SPT bisa dilaksanakan setiap waktu sepanjang 24 jam.

Ancaman bila tidak adukan SPT

Harus Pajak yang belum memberikan laporan SPT tahunannya sampai batasan waktu laporan yang ditetapkan, maka memperoleh surat pernyataan.

Pernyataan itu berisi peringatan dan kewajiban untuk mengurusi pajaknya, terhitung ketetapan denda yang dikenai.

Menurut Pasal 7 Ayat 1 UU Ketetapan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), ancaman administrasi untuk mereka yang telat memberikan laporan SPT-nya ialah akan dikenai denda.

Adapun denda yang diberi yaitu sejumlah Rp 100.000 untuk harus pajak orang individu yang tidak memberikan laporan SPT tahunan Pajak Pendapatannya.

Dan untuk harus pajak tubuh, denda pelanggaran sejumlah Rp 1.000.000