OR [rank_math_breadcrumb]

Polisi Check 7 Saksi Berkaitan Penemuan Uang Rp 5 Miliar di dalam 2 Mobil di Mojokerto

  • 2 min read
  • Apr 22, 2022

Kapolres Kota Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan mengutarakan, sudah mengecek 7 orang saksi berkaitan penemuan uang Rp 5 miliar dalam dua mobil pada Rabu (20/4/2022).

Uang yang diketemukan petugas, terbagi dalam pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000 dalam jumlah semuanya sekitaran Rp 5 Miliar.

“Sementara yang telah kita check ada sekitaran 7 orang, telah kita mengambil info,” kata Rofiq di Mapolres Kota Mojokerto, Kamis (21/4/2022).

Rofiq menerangkan, pengecekan saksi mempunyai tujuan mempelajari kasus dan perkuat penemuan elemen pelanggaran pidana berkaitan peredaran uang baru beragam pecahan itu.

Selainnya amankan uang dalam beragam pecahan, polisi amankan mobil Pajero dan Grand Max, dan 6 orang yang diperhitungkan turut serta dalam perpindahan uang.

Rofiq menjelaskan, untuk tangani kasus itu, penyidik sudah bekerjasama dengan faksi Bank Indonesia (BI), dan berunding dengan pakar perbankan dan pakar pidana.

“Hasil dialog team penyidik dengan pakar pidana, pakar perbankan, mengaitkan ada kejadian pidana dan ini masih jadi sisi pengkajian kami,” tutur Rofiq.

Disebut Rofiq, uang yang ditangkap oleh petugas mayoritas sebagai uang baru dengan pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000.

Sekitar Rp 1,2 Miliar salah satunya telah tersebar di daerah Kabupaten Jombang dan Nganjuk.

Sementara dari pecahan uang baru dan hasil penukaran, jumlahnya uang yang ditangkap polisi sekitar Rp 5 Miliar.

“Keseluruhan keseluruhnya sesudah dilaksanakan verifikasi pada saksi jika keseluruhan banyaknya ialah Rp 5miliar, itu yang kita dapatkan,” kata Rofiq.

Dikabarkan sebelumnya, penemuan uang beragam pecahan dalam dua mobil itu bermula dari patroli teratur yang sudah dilakukan Unit Samapta Polres Kota Mojokerto.

Team patroli yang bekerja di dekat pintu Tol Gedek, Mojokerto, ketahui ada dua mobil yang stop pada tempat gelap. Karena berprasangka buruk, petugas patroli bertandang ke ke-2 mobil itu.

Petugas sempat curigai uang beragam pecahan itu sebagai uang palsu. Tetapi sesudah dicheck, uang itu sebagai uang asli dan baru diciptakan.

Disebutkan Rizki, hasil pengecekan ungkap jika uang itu punya seorang berinisial JE (29), masyarakat Sidoarjo, Jawa Timur.