OR [rank_math_breadcrumb]

Narasi Penumpang Nantikan Bagasi Sampai 1,5 Jam di Lapangan terbang Soekarno-Hatta

  • 2 min read
  • Mei 08, 2022

Beberapa penumpang yang datang di Lapangan terbang Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Minggu (8/5/2022), akui harus berbaris lama di tempat ambil bagasi.

Satu diantaranya ialah Randoali (23). Dia perlu menanti sepanjang satu 1/2 jam cuma untuk ambil kopernya di tempat ambil bagasi, Terminal 2 Lapangan terbang Soekarno-Hatta.

“Berbaris bagasinya lama, sekitaran satu 1/2 jam. Saya hanya membawa dua koper (masuk bagasi) dan satu tas (masuk kabin pesawat),” tutur ia saat dijumpai di Sub Terminal 2E, Minggu.

Pria yang datang dari Lapangan terbang Djalaluddin Gorontalo, itu menjelaskan, pada penerbangan waktu normal, ambil bagasi tidak perlu waktu sejauh ini.

Ia menyangka, berbaris bagasi yang lama itu karena oleh banyak penumpang yang datang di Lapangan terbang Soekarno-Hatta.

Randoali yang landing jam 10.30 WIB baru dapat ambil koper-kopernya sekitaran jam 12.05 WIB.

“Umumnya (ambil bagasi) bisa lebih cepat. Ya semestinya conveyor belt-nya diperbanyak ya,” anjuran ia.

Penumpang lain namanya Riyad (27) mengaku hal sama.

Walau tidak sepanjang Randoali, Riyad harus menanti sepanjang satu jam untuk ambil kopernya.

“Cukup lama ya, kan umumnya tidak sejauh ini. Kurang lebih satu jam-an buat ngambil (koper),” katanya, dijumpai di lokasi yang serupa.

Riyad ikut menyangka, proses ambil bagasi itu memerlukan waktu yang lama karena jumlahnya penumpang datang di Lapangan terbang Soekarno-Hatta pada Minggu ini.

“Ya karena mungkin ada arus balik, menjadi penumpangnya banyak, terus ngambil bagasinya berbaris dan lama,” sebutkan ia.

Dijumpai, pucuk arus balik di lapangan terbang itu diprediksi terjadi pada 7-9 Mei 2022.

Di lain sisi, pengurus Lapangan terbang Soekarno-Hatta awalnya mengeklaim sudah mempersiapkan diri untuk memberikan fasilitas angkutan mudik Lebaran 2022, baik arus mudik dan arus balik.

Senior Manajer Branch Communication and Legal Lapangan terbang Soekarno-Hatta M Holik Muardi berkata, salah satunya hal yang dipersiapkan ialah kelancaran ambil bagasi punya penumpang pesawat.

“Kami telah bekerjasama dan bekerjasama dengan maskapal, ground handling, untuk kelancaran ambil bagasi untuk penumpang, khususnya di tempat kehadiran,” tuturnya pada mass media, Minggu.

Untuk membuat lancar ambil bagasi, faksi Lapangan terbang Soekarno-Hatta mempersiapkan jumlah troli yang lebih banyak.