OR [rank_math_breadcrumb]

Menpan RB Sebutkan PNS Lanjut WFH Satu minggu Mulai 9 Mei 2022

  • 2 min read
  • Mei 08, 2022

Menteri Pemberdayaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memberikan instruksi untuk Karyawan Negeri Sipil (PNS) kerja dari rumah atau work from home (WFH) sepanjang satu minggu sesudah pucuk arus balik pada 8 Mei 2022. Peraturan ini mempunyai tujuan untuk kurangi kepadatan yang diprediksikan terjadi sepanjang arus balik.

Berdasar instruksi itu, karena itu PNS peluang akan WFH mulai Senin, 9 Mei 2022 sampai Jumat, 13 Mei 2022 dan kembali bekerja di kantor mulai Senin, 16 Mei 2022.

Instruksi untuk PNS kerja dengan mekanisme WFH ini sebagai tanggapan atas anjuran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meramalkan berlangsungnya kemacetan sepanjang arus balik liburan Lebaran 2022.

Tjahjo juga semua petinggi pembimbing kepegawaian (PPK) supaya atur agenda WFH di lembaga masing-masing.

“Sepakat dengan opini Kapolri supaya lembaga pemerintahan mengaplikasikan peraturan WFH. Semua PPK diharap atur pembagian agenda supaya penyelenggaraan pemerintah dan servis ke warga masih tetap jalan,” tutur Tjahjo dalam penjelasannya diambil Minggu (8/5/2022).

Dia memperjelas, WFH tidak mengusik servis, masalah administrasi, dan service pemerintah yang lain. Karena sekarang lembaga sudah mengaplikasikan Mekanisme Pemerintah Berbasiskan Electronic (SPBE) yang memungkinkannya aparat sipil negara (ASN) atau PNS bekerja tanpa batasan ruangan dan fleksibel memakai tehnologi info dan komunikasi (TIK) yang sudah dipakai sekarang ini.

Menurut dia, implementasi WFH dipandang sebagai gagasan yang bagus sesudah beberapa ASN dan keluarganya datang dari desa halaman. Ingat Covid-19 belum lenyap seutuhnya dari Indonesia, mekanisme kerja dari rumah dapat menjadi peluang untuk karantina mandiri sepanjang sekian hari ke depan.

“WFH bisa juga jadi peluang untuk isoman supaya menahan ada bertambahnya kasus Covid-19,” katanya.

Tjahjo mengingati, supaya semua ASN masih tetap stabil jadi contoh implementasi disiplin prosedur Kesehatan. PPK disuruh juga pastikan ASN atau PNS di lingkungannya telah memperoleh vaksin komplet, terhitung vaksin booster.

Awalnya, Jenderal Listyo Sigit merekomendasikan lembaga pemerintahan dan swasta untuk mengaplikasikan peraturan WFH sesudah peristiwa Lebaran usai. Dia menjelaskan peraturan WFH bisa diaplikasikan sepanjang 1 minggu sesudah arus balik liburan Idulfitri.

“Kami menghimbau untuk mengurai arus balik, terutamanya untuk instansi-instasi baik itu swasta atau pemerintahan yang memungkin untuk 1 minggu ini, dapat melakukan kegiatan dengan memakai media yang ada, seperti online atau work from home,” ungkapkan Listyo.