OR [rank_math_breadcrumb]

Menhub Meminta Maaf Dermaga Penyeberangan Belum Maksimal Layani Kenaikan Pemudik

  • 1 min read
  • Apr 30, 2022

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Kreasi Sumadi sampaikan permintaan maaf karena pemerintahan tidak dapat memberi servis maksimal ke warga yang akan mudik lewat lajur penyeberangan Banten ke arah Lampung.

Akan tetapi, Budi janji arus kepadatan penumpang yang mudik memakai lajur penyeberangan akan selekasnya tergerai.

“Untuk ini semua kami katakan maaf tidak dapat layani secara baik, tetapi Insya Allah dalam kurang dari 12 jam proses penyeberangan dapat berjalan secara baik,”

Budi menjelaskan, terjadi kenaikan banyaknya penumpang yang sangat tajam di Dermaga Penyeberangan Merak.

Buat mengurai penimbunan pemudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjalankan dua dermaga tambahan yaitu Dermaga Ciwandan dan Dermaga Cantik Strategi di Banten.

Budi menerangkan, faksinya mempersiapkan 9 kapal untuk dioperasionalkan awal hari ini. Kapal ini akan layani penumpang dari Dermaga Ciwandan ke ke Dermaga Bakauheni, Lampung.

Sementara, Dermaga Cantik Strategi telah terlebih dahulu dioperasionalkan pada Jumat (29/4/2022) tempo hari. Dipersiapkan dua kapal di dermaga itu yaitu kapal KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Karunia I.

Tambahan dermaga ini diharap sanggup membuat lancar arus penumpang yang akan seberang dari Banten ke arah Lampung.

“Hingga kemampuan dari Ciwandan dan Cantik Strategi dan Merak semakin bertambah dan tentu saja memudahkan pengapalan atau penyeberangan yang sudah dilakukan,” sebut Budi.

Akan tetapi, searah dengan Kapolres Cilegon, Budi menghimbau warga yang akan seberang lewat Dermaga di Banten untuk tunda keberangkatannya beberapa waktu.

“Menyarankan beberapa pemudik yang di Jakarta atau di lain tempat tunda beberapa saat jadi malam nanti,” katanya.

Adapun berdasar data PT ASDP Indonesia Ferry, jumlah kenaikan penumpang di Dermaga Penyeberang Merak di tahun ini semakin tinggi sekitaran 40 % dibanding dengan mudik tahun 2019 saat sebelum wabah.

Terdaftar, Jumat (29/4/2022), sekitar 32.000 kendaraan dalam satu hari pergi lewat Dermaga Penyeberangan Merak. Jumlah ini bertambah tajam daripada pucuk mudik tahun 2019 yang capai sekitaran 20.000 kendaraan.