OR [rank_math_breadcrumb]

Mahasiswa Akan Demonstrasi di Depan Istana 11 April, Polisi Persiapkan Eksperimen Lalu Lintasi

  • 2 min read
  • Apr 10, 2022

Polda Metro Jaya mempersiapkan scenario eksperimen jalan raya buat memperhitungkan kemacetan berkaitan ada gagasan demonstrasi oleh Tubuh Eksekutif Mahasiswa Semua Indonesia (BEM SI) Senin (11/4/2022) di teritori sekitaran Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, bakal ada blokade jalan di beberapa titik keesokan hari.

“Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup jam 08.30 WIB,” tutur Sambodo dalam penjelasannya, Minggu (10/4/2022).

Menurut Sambodo, di Jalan Medan Merdeka Barat nanti dipasang kawat berduri dan water barrier.

Karena blokade jalan itu, arus jalan raya akan diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan.

“Demikian pula Serasi arah ke istana akan kita tutup,” sebut Sambodo.

Sementara itu, Sambodo mengutarakan untuk teritori sekitaran Gedung DPR dan MPR RI arus jalan raya memiliki sifat keadaanonal dengan menyaksikan keadaan massa tindakan.

“Jika massa lumayan banyak, arus akan ditutup di bawah jembatan layang dan akan diarahkan ke Jalan Gerbang Pemuda,” katanya.

Sebagai info, mahasiswa yang bergabung dalam koalisi BEM SI akan melangsungkan demonstrasi besar di muka Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Ada enam point tuntutan yang hendak dikatakan mahasiswa dalam demonstrasi itu.

Koordinator Media BEM SI Luthfi Yusrizal mengatakan, point pertama ialah menekan dan menuntut Presiden Joko Widodo untuk berlaku tegas menampik dan memberi pengakuan sikap pada penangguhan Penyeleksian Umum (Pemilu) 2024 atau periode kedudukan tiga masa.

“Karena benar-benar terang mengkhianati konstitusi negara,” kata Luthfi, Jumat kemarin.

Seterusnya point ke-2 , menuntut dan menekan Jokowi tunda dan membahas ulangi Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN), terhitung pasal-pasal memiliki masalah dan imbas yang diakibatkan dari faktor lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi, dan kebencanaan.

Ke-3 , menekan dan menuntut Jokowi memantapkan harga dan jaga tersedianya bahan dasar di pasar.

“Tuntutan ke-4, menekan dan menuntut Jokowi menginvestigasi habis beberapa mafia minyak goreng dan menilai performa menteri berkaitan,” kata Luthfi.

Ke-5, menekan dan menuntut Jokowi menuntaskan perselisihan agraria di Indonesia.

Tuntutan paling akhir, menuntut dan menekan Jokowi-Maruf Amin memiliki komitmen penuh menyelesaikan janji-janji kampanye pada tersisa periode kedudukan.