OR [rank_math_breadcrumb]

Komunitas Hacker RaidForums Ditutup, Pendirinya Diamankan

  • 2 min read
  • Apr 17, 2022

RaidForums, website komunitas dialog yang umum digunakan untuk share info sekitar pembobolan, peretasan, dan jual-beli data personal di internet, sah ditutup.

Ini dikatakan oleh tubuh kepolisian cyber Eropa, European Cybercryme Centre (EC3), lewat account Twitter mereka dengan handle @EC3Europol.

“Situs jual-beli ilegal RaidForums sah ditutup. Pemilik web itu, begitupun dua partnernya telah diamankan,” catat EC3.

Nama RaidForums mulai dikenali di Indonesia bersamaan dengan beragam kasus kebocoran data konsumen setia, sama seperti yang dirasakan Tokopedia dan Bukalapak pada 2020.

Adapun pembikin web itu, yakni Diego Santos Coelho (21), masyarakat negara Portugal, telah diamankan di Inggris pada 31 Januari kemarin.

Menurut pengadilan AS, sekarang ini Coelho masih ditahan dan harus lewat proses hukum, sebelumnya terakhir diekstradisi.

Selainnya Coelho, instansi kriminil nasional (National Crime Agen/NCA) Inggris tangkap suspek yang lain yang diperhitungkan terkait dengan RaidForums pada Maret lalu di Croydon, Inggris.

Di saat penangkapan di Kota Croydon, faksi kepolisian mengambil alih uang kontan sekitaran 5.000 poundsterling (sekitaran Rp 94 juta), beberapa ribu uang kontan dalam kurs dollar AS, dan beberapa asset kripto yang dia punyai.

Saat sebelum ada proses penangkapan dan penutupan ini, faksi kepolisian dari beragam negara di dunia, seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, Swedia, Portugal, dan Romania, sudah lakukan interograsi kombinasi berkaitan operasional RaidForums.

Di bawah payung “Operation Tourniquet”, mereka perlahan-lahan mulai tangkap beberapa aktor kejahatan cyber yang terkait dengan RaidForums, yang berbuntut pemblokirannya oleh EC3 per 12 April ini.

“Penutupan marketplace yang jual data personal ini tentu saja akan punya pengaruh untuk menahan kegiatan kejahatan cyber di internet,” tutur Beskal Agung AS Kenneth Polite dalam sebuah pengakuan.

“Ini ialah contoh nyata yang memvisualisasikan jika beragam penegak hukum internasional di beberapa negara dapat bekerja bersama untuk memberantas website terlarang dan tangkap si pembikinnya,” tambah ia.

PrivacySharks Penjual dengan username GOD mengeklaim mempunyai data 700 juta pemakai LinkedIn dan dipasarkan di website RaidForums.

Diambil KompasTekno dari BBC.com, Kamis (14/4/2022), RaidForums dikeluarkan pada 2015 dan jadi komunitas dialog dan sarang untuk aktor kejahatan cyber.

Berdasar data Recorded Future, jumlah account yang tercatat di website itu sampai akhir 2021 lalu telah lebih dari 530.000 account.

Awalnya, selainnya data perusahaan global jenis LinkedIn yang dipasarkan bebas di RaidForums, beragam data punya perusahaan Indonesia sempat dipasarkan dan ditebarkan di basis dark situs itu.

Satu diantaranya ialah data sekitaran 91 juta pemakai Tokopedia, dan tujuh juta account pedagang di basis itu, yang dipasarkan pemakai namanya “whysodank” sebesar 5.000 dollar AS (sekitaran Rp 71 juta) pada 2020.

Selainnya data Tokopedia, data sekitaran 13 juta pemakai Bukalapak, data beberapa ratus ribu pasien Covid-19 asal dari Indonesia, data sekitaran 890.000 nasabah KreditPlus, dan data sekitaran 5,delapan juta pemakai RedDoorz sempat ditebarkan di RaidForums.

Adapun sebagian besar data yang ditebar dan dipasarkan di website jahat itu sebagai data personal yang meliputi e-mail pemakai, nomor telephone, nama account, password, alamat rumah, dan lain-lain.