OR [rank_math_breadcrumb]

Keutamaan Produksi Battery Kendaraan Listrik di Tanah Air

  • 1 min read
  • Apr 10, 2022

Kepala Staff Kepresidenan sekalian pendiri Mobil Anak Bangsa alias MAB, Moeldoko, mengatakan keutamaan produksi battery kendaraan listrik buat menyongsong zaman elektrifikasi yang telah di muka mata.

Masalahnya battery sebagai elemen khusus pada kendaraan motor itu. Bahkan juga, andilnya capai sekitaran 80 % sehigga saat penetapan nilai jual demikian punya pengaruh berarti.

“Loyalitas pemerintahan untuk ke arah ke zero emissions itu benar-benar. Kita sudah beri support ke industri mobil listrik dengan adanya Perpres 55/2019,” ucapnya baru saja ini.

“Tapi tidaklah sampai di sana saja. Semua Kementerian RI bergerak baik dari Kementerian Perhubungan, Kemenko Kemaritiman dan Investasi, sampai stakeholder seperti PLN hingga ekosistem bisa lebih cepat kembali,” lanjut ia.

Tetapi supaya kendaraan itu dapat teresap dengan maksimal di pasar, memerlukan beberapa langkah vital yang bisa secara berkaitan mereduksi nilai jual.

Satu salah satunya dengan menghasilkan elemen battery secara berdikari, dari sisi terus tingkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan transfer tehnologi pada ATPM atau produsen berkaitan.

“Harga terjangkau pada kendaraan listrik itu tergantung dengan battery selak elemen khusus dan pendorong. Sekarang ini masih umumnya import. Jika sudah dapat kita produksi sendiri tentu harga turun,” kata Moeldoko.

Namun dia belum juga tahu berapa besaran rupiah yang dapat untuk di turunkan jika battery pada kendaraan listrik dapat dibuat dalam negeri.

Terhitung apa harga dapat sama dengan kendaraan konservatif alias eksisting. Karena, hal itu erat hubungannya dengan gagasan atau taktik usaha produsen.