OR [rank_math_breadcrumb]

Karena Keamanan, Lokasi Istana Wakil presiden di IKN Terpisah dari Presiden

  • 1 min read
  • Mar 27, 2022

Lokasi Istana Wakil Presiden (Wakil presiden) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, terpisah dari Presiden.

Ini terhidang saat Kementerian PUPR sampaikan berkaitan informasi Sayembara Ide Perancangan Teritori dan Bangunan Gedung di IKN Nusantara, Sabtu (26/03/2022).

“Mengapa Istana Presiden dan Wakil Presiden di IKN dipisah? Ini ialah ketetapan,” tutur Direktur Jenderal Cipta Kreasi Diana Kusumastuti diambil dari Di antara.

Andaikan Istana Presiden dan Wakil presiden jadi satu, ke-2 nya dapat terancam saat kelak misalkan terjadi satu bahaya.

“Dengan begitu pembelahan Istana Presiden dan Wakil presiden karena argumen keamanan,” paparnya.

Menurut Diana, Kementerian PUPR sudah berunding dengan Kementerian Pertahanan jika ke-2 istana itu tidak dapat menjadi satu, hingga memang seharusnya dipisah.

“Perannya memang terpisah masing-masing, karena argumen keamanan,” pungkasnya.

Untuk dipahami, kompleks Istana Wakil presiden sebagai salah satunya bangunan gedung di IKN yang disayembarakan. Bersama dengan kompleks Perkantoran Legislatif, kompleks Perkantoran Yudikatif, dan kompleks Peribadatan.

Instagram/Nyoman_Nuarta Design final istana negara IKN BaruBerbeda dengan Istana Presiden yang sudah direncanakan pendesain I Nyoman Nuarta, kompleks bangunan gedung untuk Wakil presiden belum dibikin bentuknya. Oleh karena itu dibuatlah sayembara.

Apa lagi kompleks Istana Wakil presiden yang mempunyai luas tempat 14,85 hektar ini termasuk juga dalam fokus pembangunan tahapan awalnya KIPP IKN 2022-2024.

Seperti mencuplik dari document Urban Desain Development Teritori Pokok Pusat Pemerintah (KIPP) IKN Satuan tugas Rencana Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, berikut sasaran tempat terjaga zone 1A fokus sampai 2024.

1. Kompleks Istana Negara 55,7 hektar dan Istana Wakil presiden 14,85 hektar

2. Cluster Perkantoran K/L dan Kemsetneg, dan Hankam dengan luas tempat 38,09 hektar

3. Perumahan ASN dan Personel Hankam dan Sarana Sosial (Fasos) Sarana Umum (Fasum) sebanyka 11.268 unit tempat tinggal

4. Teritori Sumbu Berkebangsaan dan Tripraja (beberapa). Mencakup Plaza Seremoni, Plaza Sipil, Plaza Bhinneka Tunggal Ika. Luas tempat 32,72 hektar

5. Jalan perkotaan, IDP dan SDA dan Ruangan Terbuka Hijau (RTH) Teritori.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.