OR [rank_math_breadcrumb]

Ini Ruas-ruas Jalan yang Mempunyai potensi Terjadi Kemacetan Saat Mudik Lebaran

  • 1 min read
  • Apr 09, 2022

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenali beberapa titik kemacetan yang bisa mengusik kelancaran mudik Lebaran 2022.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, ada lumayan banyak titik riskan kemacetan di batas jalan nasional.

Karena itu, pemerintahan telah lakukan mengantisipasi baik berbentuk pola jalan raya atau lakukan pembaruan jalan supaya warga bisa lakukan mudik secara lancar.

“Memang lumayan banyak wilayah yang riskan kemacetan. Akan tetapi kami dengan Korlantas Polri telah mempersiapkan beberapa pola, terhitung mempersiapkan petugas standby di pos-pos servis yang adabdi riskan kemacetan, kecelakaan dan riskan gempa atau banjir,” katanya saat Media Briefing, Jumat (8/4/2022).

Ia menerangkan, titik kemacetan yang jelas bisa terjadi ialah di batas Jalan dari Jakarta sampai Cikampek, baik saat perjalanan mudik atau arus balik mudik.

Selanjutnya, disekitaran jalan nasional dari Pejagan di Jawa tengah sampai Prupuk karena ada kerusakan jalan. Lantas teritori Jembatan Lamongan, Jawa Timur yang pernah amblas riskan terjadi kemacetan.

Tetapi, ke-2 nya sudah dilaksanakan usaha pembaruan oleh Kementerian Tugas Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga 10 hari saat sebelum Lebaran permasalahan ini bisa tersudahi.

“Pak Menteri Basuki menjelaskan 10 hari saat sebelum Lebaran bisa siap,” katanya.

Batas jalan ke Dermaga Merak dan Bakauheni, yakni Gerbang Tol Cikande diprediksi bisa terjadi kemacetan. Tetapi Astra Toll Road sebagai operator telah lakukan pembaruan jalan.

“Saya juga meminta dipercepat pembaruannya karena semalam juga saya melalui sedikit ada kemacetan,” terangnya.

Selainnya jalan nasional, Kemenhub menyimak batas jalan di teritori rekreasi alam, seperti teritori Pucuk Bogor, Pangandaraan, Baturaden Purwokerto, dan Ungaran.

Masalahnya pada mudik Lebaran kelak warga bukan hanya akan lakukan mudik tapi ada pula yang merencanakan untuk habiskan waktu liburan di tempat rekreasi.

“Untuk jalan nasional umumnya kemacetan itu terjadi disekitaran di antara Bawen, Salatiga, sampai ke Kartasura itu cukup riskan kemacetan terhitung dari Magelang s/d ke Yogyakarta,” papar ia.