OR [rank_math_breadcrumb]

Ini Lajur Alternative Ke arah Dermaga Merak supaya Tidak Terjerat Macet

  • 1 min read
  • Apr 30, 2022

Keadaan arus jalan raya di Gerbang Tol Tangerang-Merak sampai Dermaga Merak macet kronis, Sabtu (30/4/2022).

Adapun barisan kendaraan capai 20 km.

Untuk menghindar kemacetan itu, pemudik dapat lewat lajur alternative Bojonegara-Merak yang lebih lancar keadaan jalan raya.

Bila ingin lewat lajur itu, pemudik dari arah Jakarta bisa keluar di Gerbang Tol Cilegon Timur, lalu ambil arah ke jalan nasional Bojonegara-Puloampel-Merak.

Nanti, pemudik cuma memerlukan waktu dengan perkiraan 50-60 menit sampai di Dermaga Merak dalam jarak 31 km.

Pemudik akan melalui PLTU Suralaya, Dermaga Bojonegara dan Dermaga PT Cantik Strategi saat sebelum sampai di Dermaga Merak.

Salah satunya pemudik asal Depok, Giri Eko Prastyo telah coba lajur alternative itu.

Dia bercerita keadaan arus jalan raya di lajur Bojonegara sampai Dermaga Merak lancar dan keadaan jalan telah bagus.

“Barusan hanya satu jam dari keluar Cilegon Timur sampai Dermaga Merak. keadaannya sepi, lancar hanya ada truk-truk besar saja,” kata Giri ke Kompas.com, Sabtu.

Giri yang hendak mudik ke Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan itu cenderung pilih lajur itu karena dipandang bisa lebih cepat sampai dibanding harus lewat Gerbang Tol Merak.

“Dibandingkan melalui gerbang tol merak, saya tidak percaya siang hari ini dapat sampai dermaga. Tentu terkena macet,” tutur Giri.

Berdasar pengamatan Kompas.com, keadaan barisan kendaraan terjadi semenjak pintu masuk dermaga sampai masuk ke Tol Tangerang Merak Km 90.

Tidak cuma jalan tol, jalan non-tol juga macet karena peralihan arus jalan raya dari tol lewat Gerbang Tol Serang Barat.