OR [rank_math_breadcrumb]

H-1 Lebaran, Arus Mudik di Tol Jakarta-Cikampek Ramai Lancar

  • 1 min read
  • Mei 01, 2022

Arus jalan raya di Tol Jakarta-Cikampek terlihat ramai lancar pada H-1 Lebaran, Minggu (1/5/2022).

Pengamatan Kompas.com di Km 57 Tol Jakarta-Cikampek pada jam 11.30 WIB, arus jalan raya terlihat ramai lancar. Kendaraan didonimasi mobil individu dan bis.

Dikutip dari account Twitter Jasamarga, @ptjasamarga, eksperimen jalan raya one way dan ganjil genap masih diterapkan mulai Km 70 GT Cikampek Khusus sampai Km 414 GT Kalikangkung. Lajur satu arah diutamakan untuk kendaraan kecil arah ke arah Semarang.

Adapun di Km 47 sampai 70 sedang pengangkatan rambu contraflow dari arah Karawang Barat di lajur kanan.

Kepala Kepolisian Wilayah Jawa Barat Irjen Pol Suntana menyebutkan, di hari ini, Minggu (1/4/2022), diprediksikan tidak bakal ada kenaikan arus mudik secara berarti.

Suntana menjelaskan, berdasar catatan statistik, pucuk arus mudik terjadi pada 28 sampai 30 April 2022. Tetapi, akan ada sejumlah kecil warga yang hendak mudik lewat lajur itu, baik pada lajur tol atau arteri.

“Peluang (Minggu, 1/4/2022) tidak alami peningkatan cukup memiliki arti,” kata Suntana.

Dalam pada itu, pada Jumat (29/4/2022), jumlah kendaraan yang lewat Gerbang Tol (GT) Cikampek sekitar 105.000 kendaran. Dan pada Sabtu (30/4/2022), jumlah kendaraan yang keluar GT Cikampek Khusus sekitaran 81.000.

Meskipun begitu, kata Suntana, kepolisian bersama faksi berkaitan terus akan bersiaga sampai arus mudik dan balik usai.

“Tetap kita menjaga,” katanya.

Suntana menghimbau warga yang hendak melakukan mudik untu teratur berakhirlintas untuk keselatan bersama. Disamping itu, pemudik disarankan untuk istirahat apabila sudah berasa capek, dan tidak bawa barang terlalu berlebih.

“Kesempatan kali ini saya sampaikan animo dana penghargaan ke warga yang lakukan mudik lewat daerah Polda Jawa Barat atas keterdisiplinan kesabaran dan patuhi jalan raya,” bebernya.