OR [rank_math_breadcrumb]

“Dianggap atau Tidak, Mudik Melalui Tol Trans-Jawa Tahun Ini Lebih Lancar

  • 3 min read
  • Mei 01, 2022

Begitu Jessica Puspadayasari mengungkapkan gagasannya ke Team Merapah Trans-Jawa Sabtu (30/4/2022).

Saat sebelum Tol Trans-Jawa sah dipublikasikan terhubung pada 2018, perjalanan mudik dari Cimanggis, ke arah Probolinggo yang dilakukan Jessica dan keluarga dapat dalam kurun waktu beberapa puluh jam.

Sekarang, pegawai BPJS Ketenagakerjaan itu, cuma memerlukan waktu 14 jam, terhitung istirahat di beberapa rest tempat, dan menginap di Solo.

Menurutnya, perjalanan mudik memang seharusnya disiapkan dengan masak, khususnya dalam management waktu.

Ini benar-benar penting, ingat peserta mudik tiap tahun semakin meningkat. Bahkan juga, tahun ini diprediksi capai 85,lima juta orang.

Maka dari itu, lanjut Jessica, lancar tidaknya perjalanan mudik benar-benar tergantung pada keputusan pas dan pintar yang diambil pemudik.

Eksperimen mekanisme ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa diteruskan sampai Gerbang Tol Kalikangkung untuk memperhitungkan kenaikan kendaraan yang hendak berpengaruh pelambatan sampai kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.Kumpulkan info teraktual berkaitan mudik sebanyak-banyaknya adalah sisi dari penyiapan perjalanan secara baik.

Terhitung jalur yang hendak dilalui, jumlah dan status dan kelengkapan sarana rest tempat, pengujian saldo uang electronic, pengujian kendaraan, kecukupan BBM, P3K, perbekalan makanan untuk perjalanan, dan pengamatan peraturan arus jalan raya.

“Jaman digital, semua info ada. Semestinya, bila pemudik diberi dengan info memenuhi, tidak ada narasi terjerat kemacetan, dan lain-lain,” papar Jessica.

Akhirnya, Jessica yang lakukan perjalanan mudik bersama suami, datang di tujuan sesuai gagasan. Tanpa melenceng sedikit juga.

Ia mengawali perjalanan hari Rabu (27/4/2022) pada jam 05.00 WIB dari Cimanggis, Depok, lewat Tol Jagorawi untuk selanjutnya meneruskan perjalanan lewat Tol JORR, Tol Layang MBZ, dan beberapa batas Tol Trans-Jawa yang lain.

Jam 15.30 WIB, pasangan suami istri ini berkunjung di Solo dan menginap di dalam rumah keluarga, dengan lebih dulu stop di tiga rest tempat, Km 228, Km 377, dan Km 429.

Mereka nikmati perjalanan. Tidak cuma pemandangan pegunungan disebelah kiri dan kanan jalan tol, tetapi sarana rest tempat yang telah jauh lebih bagus, bersih, dan komplet.

“Khususnya keadaan mushola dan toilet yang berperanan benar-benar penting membuat mudik semakin nyaman, dan membahagiakan,” urai Jessica.

Cukup dengan ongkos BBM Rp 750.000, dan ongkos tol nyaris Rp 850.000, Jessica dan suami datang di GT Probolinggo Timur pas hari Jumat (29/4/2022) jam 11.000 WIB semenjak keberangkatan dari Solo jam 07.00 WIB.

Pemerintahan lewat Tubuh Pengontrol Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR sendiri jamin pengadaan infrastruktur jalan tol, terutamanya Tol Trans-Jawa sejauh 1.051 km operasional, dan sarana rest tempat jadi konsentrasi untuk warga pemakai.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengutarakan, tubuh usaha jasa tol (BUJT) sudah disuruh untuk menambahkan dan membenahi fasilitas dan prasarana untuk kenyamanan pemudik.

Misalnya sarana toilet di rest tempat ditambahkan dari mulanya 1.700 toilet jadi 2.800 toilet plus toilet portable dan temporer.

“Cuma memang, yang penting terus didorong ialah masalah pembelajaran dan tanggung-jawab bersama untuk stay di rest tempat optimal 30 menit,” tutur Danang ke Kompas.com, Minggu (1/5/2022).

Cerita perjalanan mudik yang lancar tanpa masalah memiliki arti dirasakan Azis. Perbedaannya, pemudik muda yang mengawali perjalanan dari Cikarang ini memakai kendaraan beroda 2.

Dengan begitu, jalur yang digunakan ialah Lajur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Dalam pembicaraan dengan Team Merapah Trans-Jawa Kompas.com pada Jumat (29/4/2022) malam, Azis menceritakan, keadaan jalan raya di Lajur Pantura pada acara mudik tahun ini baik sekali bahkan juga jika dibanding tahun 2019.

“Saya bablas, lancar dari Cikarang ke Cirebon cuma 4 jam. Itu juga banyak istirahat di SPBU. Kemungkinan ini imbas dari peraturan one way di Jalan Tol jakarta-Cikampek ya,” tutur Azis yang rajin buka situs NTMC Polri untuk ketahui keadaan arus jalan raya terbaru.

Kepadatan terjadi di beberapa titik.Diskresi jalan raya one way dipandang benar-benar efisien oleh pemudik yang lain, Alfa Yustikano Marganaputra, Akun Representative KPP Pratama Bekasi Barat

Alfa dan istrinya Ajeng Parimitha, mengawali perjalanan dari Bekasi Timur pada Kamis (28/4/2022) jam 19.00 WIB, sampai di Delanggu 11 jam setelah itu.

Menurutnya, pemerlakukan peraturan satu arah atau one way yang diawali dari Km 47 Tol Japek sampai Km 414 Kalikangkung Tol Batang-Semarang benar-benar efisien mengurai kemacetan yang tiap tahun terjadi.

Khususnya di ruas-ruas yang teratur dilewati tiap tahun saat pulang ke desa halaman, yaitu Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Tol Cipali, Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, dan Tol Semarang-Solo.

“One way ini jalan keluar mudik yang seharusnya dipertahankan dan jika memungkinkannya diperpanjang semenjak Km 0 Tol Japek,” tambah Alfa.

Akan tetapi, Alfa memandang kekurangan dari implementasi one way ini ada di pembukaan arus jalan raya yang memungkinkannya pemudik dari gerbang tol (GT) samping kiri di setiap batas tol langsung menggunting ke sisi kanan. Ini benar-benar mencelakakan.

Mengakibatkan, di beberapa titik terjadi barisan panjang karena perpotongan lajur dari A ke B. Alfa memberikan contoh, Km 88 semestinya tidak dibuka karena one way diawali dari Km 47.

Kekurangan yang lain ialah, masih dibolehkannya kendaraan truk yang tidak mengusung sembilan bahan dasar tersebar di jalan tol.

“Tetapi, pada umumnya, perjalanan mudik ini kali benar-benar lancar. Lebih lancar dibandingkan tahun 2019 lalu, saat sebelum wabah Covid-19,” cetus Alfa.

Taktik perpindahan transaksi bisnis tol di GT Palimanan ke GT Kalikangkung juga pintar buat menghindar penimbunan kendaraan.