OR [rank_math_breadcrumb]

Banding Nia Ramadhani-Ardi Bakrie Diwujudkan, Vonis 1 Tahun Penjara Dibatalkan Jadi Pemulihan

  • 1 min read
  • Apr 21, 2022

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta merestui banding yang disodorkan kuasa hukum Aktris Nia Ramadhani dan suaminya yaitu Ardi Bakrie, atas kasus penyimpangan narkotika.

Diambil dari situs sah Mahkamah Agung (MA), keputusan itu dikeluarkan tanggal 29 Maret 2022 dengan No. 34/PID.SUS/2022/PT DKI.

Keputusan banding itu hapus keputusan tingkat 1 di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat tanggal 11 Januari 2011 Nomor 770/Pid.Sus/PN Jkt Pst berkenaan amar keputusan pada angka 2.

Pada keputusan banding itu, Nia dan Ardi masih tetap divonis bersalah karena sudah salah gunakan narkotika.

Tetapi mereka terlepas dari hukuman satu tahun penjara seperti sebagai vonis majelis hakim di PN Jakarta Pusat. Sebagai tukarnya, mereka harus jalani rehabilitas sepanjang delapan bulan.

“Memerintah beberapa tersangka jalani penyembuhan dan/atau perawatan lewat pemulihan klinis dan sosial di instansi pemulihan Fan Campus Cisarua, Kabupaten Bogor. Masing-masing sepanjang delapan bulan yang diakui semuanya dengan periode pemulihan yang telah ditempuh beberapa tersangka,” begitu bunyi amar keputusan banding itu.

Awalnya Nia dan Ardi divonis hukuman setahun penjara. Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat putuskan mereka bisa dibuktikan bersalah bertindak pidana penyimpangan narkotika tipe sabu.

Hukuman yang dijatuhkan majelis hakim lebih berat dari tuntutan beskal penuntut umum (JPU). Adapun JPU menuntut ke-3 tersangka jalani pemulihan klinis dan sosial sepanjang 12 bulan berkaitan kasus penyimpangan narkoba.

Dalam keputusannya, majelis hakim mengatakan jika tanda bukti 0,56 gr sabu, sebuah alat hisap (bong), dan satu iPhone 12 Pro dan satu Oppo A5s dirampas negara.