OR [rank_math_breadcrumb]

Argumen Polisi Ganti “One Way” Jadi “Contraflow” di Tol Jakarta-Cikampek

  • 1 min read
  • Apr 29, 2022

Kepala Korps Lalu Lintasi (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi sampaikan, faksinya mengganti pola satu arah (one way) jadi musuh arus (contraflow) di jalan Tol Cikampek dari Km 47 jadi di Tol Cikampek Khusus (Cikatama) Km 70.

Firman menerangkan pola one way di batas jalan tol itu akan diganti pola musuh arus (contraflow) hingga masyarakat yang akan ke Jakarta dapat terus lewat.

“Jadi tidak semuanya lajur kita gunakan ke timur, one way. Kita cuma memakai satu jalur saja,” sebut Firman di GBK Senayan, Jakarta, Jumat (29/4/2022).

Menurutnya, pola contraflow telah diterapkan di batas jalan Tol Cikampek Km 47 sampai Km 70 start pukul 10.00 WIB barusan.

Disamping itu, Firman menjelaskan, pemerlakukan pola contraflow di batas jalan tol itu memiliki sifat aktif ikuti keadaan di atas lapangan.

“Ya kita ini benar-benar aktif,” kata Firman.

Dalam pada itu, dia sampaikan, pola one way masih tetap berlaku dari Jakarta ke timur Jawa dimulai dari Tol Cikampek Khusus Km 70 sampai Tol Kalikangkung Km 414.

“Jadi tersisa yang dari Jakarta masih tetap one way tetapi awalnya dari Km 70 Cikampek Khusus,” tutur ia.

Seperti dijumpai, dalam rencana memperhitungkan kepadatan kendaraan selama saat arus mudik Lebaran, polisi bersama lembaga berkaitan akan mengaplikasikan mekanisme ganjil genap dan one way dari Gerbang Tol Cikampek Km 47 sampai Gerbang Tol Kalikangkung Km 414.

Mekanisme ganjil genap dan one way akan diterapkan di saat periode arus mudik mulai dari 28 April-1 Mei 2022.

Polisi memperjelas penerapan mekanisme itu dan waktu perpanjangannya memiliki sifat keadaanonal sesuai diskresi kepolisian.