OR [rank_math_breadcrumb]

Apa Itu Thermomix, Alat Masak Dengan harga Motor yang Digunakan Peserta MasterChef?

  • 1 min read
  • Apr 10, 2022

Peserta MasterChef Indonesia pada rintangan Limited Appliances harus mengolah dengan penuh kebatasan alat. Alat masak yang bisa dipakai oleh peserta MasterChef satu diantaranya Thermomix.

Apakah itu Thermomix?

Diambil dari situs Then 24, Thermomix datang dari kata Yunani “thermo” yang memiliki arti mamanaskan. Simpelnya, Thermomix ialah alat masak yang dipakai untuk menambah dan memanasi makanan. Perusahaan pembikin Thermomix ialah Vorwerk dari Jerman.

Sebelumnya alat masak yang dikomersialkan oleh Vorwerk ialah mikser sup kental. Alat ini ditawarkan pada 1961 bernama VKM5. Perannya untuk mengeduk menguleni, menggunting, memarut, menambah, menggerus, dan memerah makanan.

Bersamaan perubahan tehnologi, alat itu selanjutnya mulai direncanakan dapat mengolah makanan sendiri, hingga bisa mempermudah tugas di dapur.

Thermomix asli pertama kalinya ditawarkan pada 1971 bernama VM 2000 di Perancis, Spanyol, dan Italia. Sekitaran 75 % alat yang ditawarkan dibikin di Perancis dan 25 % di Jerman.

Thermomix selanjutnya mulai dipakai di Portugal dan Italia pertama kalinya pada 1982.

Peranan Thermomix

Diambil dari situs Kompas.com yang tampil pada Selasa (16/11/2021), Thermomix yang ditawarkan di Indonesia adalah seri Thermomix TM6.

Ada 11 peranan Thermomix TM6 yang dapat didapat, seperti mengeduk (stirring), menambah (mixing), menggerus (grinding), menguleni (kneading), aduk cepat (whisking), dan menggunting (chopping).

Disamping itu, mesin ini bisa juga mengangsung bahan makanan, mengolah dalam waktu yang lama dan temperatur rendah (slow cooking) , mengukus, rebus, mengemulsi, sous vide, dan peragian.

Temperatur terbaik yang dipakai untuk mengolah memakai Thermomix TM6 agar gizi makanan selalu terlindungi yakni sekitaran tiga sampai 120 derajat celsius.

Selainnya menolong memproses masakan, alat ini tersambung dengan basis resep Thermomix dan Cookido. Hingga mempermudah pemakaianya untuk mengolah makanan.

Thermomix TM6 yang ditawarkan di Indonesia sekarang ini dipasarkan pada harga Rp 27 juta.